Home » Artikel » Usir rasa malas dengan teknik Kaizen

Usir rasa malas dengan teknik Kaizen

 Negara Jepang terkenal dengan negara yang memiliki etos kerja dan disiplin yang baik. Tapi, apakah teman-teman loopers tahu bahwa hal ini karena Jepang memiliki budaya yang diterapkan oleh penduduknya secara terus menerus.

Salah satu budaya atau kebiasaan yang dilakukan adalah teknik KAIZEN. Apa itu?


Kaizen menurut Wikipedia Indonesia merupakan istilah dalam bahasa Jepang yang bermakna “perbaikan berkesinambungan”. Kaizen berpandangan bahwa hidup kita hendaknya fokus pada upaya perbaikan terus-menerus


Bagaimana teknik itu bekerja?

Luangkan waktu 1 menit

Ketika rasa enggan itu datang, yuk kita coba saja kita lakukan  satu menit saja. Gak lama loh, Cuma satu menit doang. Tapi dalam satu menit itu kamu fokus melakukan nya tanpa adanya distraksi atau gangguan serta lakukan itu terus menerus setiap hari nya.


Coba deh rasakan ketika kamu fokus melakukan sesuatu misalnya satu menit saja setiap harinya, hal baik apa yang kamu rasakan?

Ketika kamu merasa ternyata kamu melakukan sesuatu lebih dari satu menit, apa yang kamu rasakan?


Setelah konsisten dengan satu menit, tambahkan durasinya, pilih satu aktifitas apapun yang kamu komitmenkan untuk dilakukan tanpa distraksi setiap harinya, misalnya 15 menit olahraga menggerakan badan, 10 menit membaca dan lainnya.


Selamat mencoba, semoga bisa membawa perbaikan dalam diri. 

Scroll to Top