Home » Artikel » Karena Setiap Individu, Memiliki Potensi untuk Menjadi Lebih Baik
Setiap Individu Memiliki Potensi

Karena Setiap Individu, Memiliki Potensi untuk Menjadi Lebih Baik

Potensi. Satu kata yang di ucapkan oleh line manager saya ketika saya sedang dalam proses peningkatan karir dari level staf menuju level managerial. Saat itu, yang ada di dalam benak saya adalah rasa takut, tidak yakin apakah saya dapat melewati proses ini dan terlebih lagi apakah saya bisa menjalani assignment saya jika saya berada di posisi managerial.

Disinilah peran seorang leader mulai bermain. Dalam hal ini, saya tidak menyadari adanya potensi dalam diri saya untuk sampai pada managerial level. Tetapi, peran line manager sebagai leader as coach benar-benar telah membuka pikiran saya dan menyadarkan saya akan potensi yang saya miliki. Apa yang menjadi ketakutan terbesar saya? Pertanyaan ini membuat saya berpikir dan menyadari banyak hal. Salah satunya, saya takut karena saya belum siap. Dan ketakutan ini menjadi suatu alarm bagi saya untuk mempersiapkan diri dan meminimalisir kemungkinan terburuk yang akan terjadi.

Singkat cerita, saya akhirnya berada pada posisi managerial dan memiliki kesempatan untuk memimpin sebuah team. Dalam memimpin sebuah team, saya menerapkan pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan terutama dalam hal meningkatkan kapabilitas organisasi. Pada proses ini, saya menggabungkan antara proses coaching dan mentoring yang di awali dengan analisa kebutuhan kapabilitas dari setiap individu. Bagi saya, analisa kapabilitas merupakan hal fundamental yang perlu dilakukan seorang leader sebelum menentukan Langkah coaching ataupun mentoring.

Dalam proses analisa kapabilitas, saya menyadari begitu banyak potensi yang bisa di kembangkan dari team saya. Hanya saja, banyak dari mereka yang tidak menyadari akan potensi yang mereka miliki. Pada tahap ini, saya awali pendekatan dengan proses coaching untuk meningkatkan kesadaran mereka, di lanjutkan dengan proses mentoring untuk memberikan bimbingan pada mereka dalam mencapai tujuan yang di harapkan. Saat ini, beberapa dari team saya sudah berada pada posisi managerial level dimana sebelumnya, mereka pun mengawali karir mereka dari posisi staf.

 

Baca juga Artikel : Membuka Potensi Diri Dengan Coaching  

Perjalanan melihat pertumbuhan karir seseorang merupakan suatu hal yang luar biasa dan membuat saya semakin sadar, bahwa memberikan value bagi orang lain menjadi suatu hal yang penting dalam hidup saya. Pertanyaannya adalah, berapa banyak individu yang saat ini memiliki ketakutan yang sama hanya karena tidak menyadari apa potensi yang ada dalam dirinya? Dan apakah kita sebagai leader sudah menjalankan profesi kita sebagai leader as coach? Mari, kita mulai dari sekarang untuk bisa berperan sebagai leader as coach dan dapat memberikan dampak positif bagi setiap individu. Karena setiap individu, memiliki potensi untuk menjadi lebih baik.

Artikel Karya: Fitri Gloria – CPCP 43

 

Scroll to Top