Home » Artikel » Belajar dan Berkembang Bersama Coachee
Belajar dan Berkembang Bersama Coachee

Belajar dan Berkembang Bersama Coachee

Ketika memulai kegiatan sebagai coach yang tergabung dalam Loop Certified Professional Coach Program, dalam proses coaching yang dijalankan  beberapa kompetensi dasar coach yang harus dilatih dan dikuasai agar bisa membantu coachee menemukenali potensi dan kondisi dirinya dalam mencapai tujuan atau target yang ditetapkan.  Ditambah lagi harus menghilangkan kebiasaan di pekerjaan terdahulu untuk memberikan solusi, karena coachee bukan untuk diberikan solusi namun dibantu untuk menemukan sendiri langkah-langkah yang harus dipilih berdasarkan potensi dan kondisi dirinya.

Menghadapi berbagai macam agenda yang diajukan oleh coachee, akhirnya secara perlahan dan sesuai proses coaching yang dijalankan dapat mengasah kompetensi dasar sebagai coach. Bukan hanya beragam agenda, namun juga beragam latar belakang coachee mendukung perkembangan kompetensi tersebut. Semakin lama tentu saja kepercayaan diri juga semakin meningkat dalam memberikan jasa coaching.

Sejalan dengan perkembangan coachee, sebagai coach juga mendapatkan manfaat yang sangat menguntungkan setelah proses coaching dijalankan, diantaranya :

 

1. Sudut pandang baru

Seorang coach akan memahami sudut pandang coachee, yang bisa jadi jauh berbeda dan bahkan bertolak belakang dengan sudut pandang coach. Dengan banyaknya sudut pandang yang berbeda, tentu saja menambah pengetahuan coach atas cara pandang orang lain terhadap masalah yang sama.

2. Kebiasaan baru yang positif

Dalam mencapai agenda yang diajukan coachee, seringkali coachee melakukan  kegiatan-kegitan yang positif.  Hal tersebut memacu coach untuk turut bersemangat mengikuti kegiatan yang dilakukan coachee, seperti : membaca buku setiap hari, olah raga setiap hari, makan makanan sehat, bekerja dengan rencana yang sistematis dll.

3. Belajar pengetahuan baru

Sebelum memulai proses coaching, jika agenda yang diajukan oleh coachee adalah hal baru bagi coach, coach akan berusaha mempelajari terlebih dahulu dari berbagai sumber. Dengan demikian akan dapat mengimbangi pembicaraan dalam proses coaching. Hal tersebut pastinya akan menambah pengetahuan baru bagi coach, terlebih lagi jika coachee akan menceritakan dengan jelas dan terinci.

Masih banyak manfaat lain yang dapat diperoleh dan dirasakan oleh coach dan coachee dari proses coaching yang telah dilakukan, baik langsung ataupun tidak langsung.  Tiga hal diatas hanya sebagian kecil yang dapat disampaikan disini.  Melihat coachee berkembang dan mencapai tujuan, membuat coach semakin bersemangat membantu coachee-coachee lain, sekaligus semangat juga untuk terus belajar dan berkembang bersama coachee.  Terima kasih kepada coachee-coachee yang sudah berbagi pengalaman, informasi dan agenda yang menarik serta menantang. Mari kita terus berkembang mencapai agenda hidup kita masing-masing.

Artikel karya: Chandra Sari, LCPC – CPCP 42

Scroll to Top