Home » Artikel » Life & Financial Coaching
Life & Financial Coaching

Life & Financial Coaching

Saat Anda membaca kalimat Life & Financial Coaching, Apa yang terlintas dalam benak Anda? Ada yang ganjil atau sesuatu yang menarik dari topik tersebut. Judul topik di atas terdiri dari 3 Kata yang sederhana, akan tetapi sungguh akan menjadi komprehensif jika dilakukan pembahasan.

Kita mulai dengan kata “Coaching”. Definisi coaching menurut ICF (International Coaching Federation) sebagai berikut :

 

“Coaching sebagai bentuk kemitraan dengan Klien dalam proses pemikiran yang memprovokasi dan kreatif dalam menginspirasi mereka untuk memaksimalkan potensi Pribadi dan profesional mereka.”

 

Dalam hal ini, sesi coaching tersebut terfokus dengan kebutuhan individu coachee dan mampu menemukan potensi diri coachee untuk mencapai tujuannya.

Life berbicara tentang perjalanan kehidupan untuk menemukan makna hidup. Setiap insan memiliki perjalanan yang berbeda menemukan kebahagiaan, tujuan, mindset, belief, rencana kehidupannya. Setiap insan menggunakan masa waktu yang berbeda.

Finance menjadi bagian yang hampir tidak terpisahkan dalam perjalanan kehidupan manusia saat ini. Persiapan dan perencanaan yang komprehensif dan juga evaluasi terus menerus untuk memastikan makna hidup tercapai.

Secara singkat Life & Financial Coaching adalah sebuah proses yang kreatif untuk menemukan makna hidup dengan persiapan dan juga perencanaan keuangan yang komprehensif.

Finance Freedom

Perlu digarisbawahi bahwa coaching adalah menfasilitasi perjalanan menemukan arti diri (self-discovery) dan kesadaran diri (self-awareness). Coaching bukanlah sebuah Teaching, apalagi sebuah Mentoring dan juga Counseling.

Dalam menemukan makna diri dalam seorang coachee selalu muncul 3 sumber masalah utama, yaitu Beliefs, Abilities dan Motivation. Masalah belief, bisa karena asumsi yang tidak tepat, ekspetasi yang tidak sesuai, dan juga percaya diri yang rendah. Masalah yang muncul di Abilities bisa dikarenakan kurang atau kelebihan menggunakan kekuatan diri, kemampuan diri yang rendah,  kurangnya pengetahuan dan pengalaman. Terakhir, masalah yang sering muncul selalu terkait motivasi diri adalah Tujuan yang tidak jelas, adanya konflik nilai diri, visi yang tidak jelas.

Dalam Life & Financial Coaching akan membantu coachee fokus kembali pada Belief, Abilities dan Motivation tersebut dan menemukam makna hidup dan juga persiapan perencanaan keuangan untuk mencapai tujuan hidup. 

Artikel karya: Simforianus, LCPC – CPCP 42

Scroll to Top