Home » Artikel » Coaching Untuk Pengembangan Diri
Coaching Pengembangan Diri

Coaching Untuk Pengembangan Diri

 Coaching pengembangan diri bertujuan untuk mengevaluasi perubahan-perubahan kehidupan, sekaligus menilai kekuatan dan kelemahan seseorang untuk meningkatkan bidang-bidang tertentu dalam kehidupannya.  

Seperti seorang atlet yang akan meminta bantuan coach dalam melatih dan mendukung  dirinya untuk mencapai target di bidang olahraga. Seorang Coach pengembangan diri juga akan mendukung, mendorong dan mengajari seseorang teknik-teknik khusus untuk membuat seseorang merasa nyaman dan percaya diri dalam perubahan yang ingin dilakukan dalam hidupnya.  

Apa itu coaching untuk pengembangan diri ?

Coach bertujuan untuk membantu seseorang mengenali posisinya saat ini dalam mencapai target dan bagaimana ia bisa sampai di sana, serta mengidentifikasi potensi yang sudah ada dalam dirinya. Hal ini dapat dicapai melalui serangkaian pertanyaan yang dirancang untuk membantu seseorang mengenali, menerima, dan membangun kekuatan dan kelemahan dirinya.  

Seorang professional coach tidak memberikan saran secara langsung dan tidak akan memberi tahu apa yang harus dilakukan; tetapi dengan strategi seorang yang ahli, mereka akan menawarkan panduan dan dukungan melalui rencana pengembangan diri yang disesuaikan, agar seseorang dapat menetapkan tujuan yang realistis dan terus bekerja pada perjalanan hidupnya di luar sesi coach.  

baca juga artikel “Menjadi professional coach di Loop

 

Life Coach yang terakreditasi dapat membantu seseorang membangun kepercayaan diri, menerima kekuatan dirinya yang sebenarnya, dan bekerja bersama dalam perjalanan menuju perubahan dan membuat seseorang menjadi dan merasa lebih berbahagia.  

Peran Coach

  • Mengajukan pertanyaan untuk membimbing seseorang ke sebuah jawaban.
  • Mendorong pemikiran yang mendalam tentang hidup seseorang disaat ini dan perubahan yang ingin ia lakukan.
  • Mendorong seseorang untuk menantang pikirannya sendiri dengan mengidentifikasi adanya beberapa ketidak-konsistenan.
  • Mendukung seseorang melalui keputusan rumit yang sulit.
  • Membantu seseorang membuat dan mengikuti paket hasil personalisasi dirinya.
  • Membantu seseorang untuk membuat strategi dan mencapai tujuan hidupnya.

Coaching pengembangan diri dapat mencakup berbagai topik dan perhatian, saat memilih coach perlu juga diperhatikan kepercayaan dan hubungan yang baik. Masalah umum yang dibahas termasuk manajemen uang, pembangunan kepercayaan diri, berbicara di depan umum atau keterampilan lain yang terkait dengan mempromosikan pertumbuhan karakter diri. Seorang coach bisa sangat berarti bagi coachee seperti membantu mengatur kembali pikiran, keinginan, aspirasi diri dan memberi penilaian pada coachee dengan memberikan sudut pandang yang objektif.  Agar rencana pengembangan diri seseorang dapat terlaksana, maka ia harus siap untuk membuat perubahan yang terus menerus  dan sungguh-sungguh berdedikasi untuk mencapainya. 

Topik-topik umum yang sering dihadapi oleh Coach pengembangan diri meliputi:

1. Topik Keadaan mental dan emosional

Seringkali, perasaan kita tentang peristiwa atau perubahan yang terjadi dalam hidup kita mempengaruhi cara kita bereaksi terhadap peristiwa tertentu. Memiliki kepercayaan diri dan motivasi untuk mencapai apa yang seseorang inginkan, penting dalam pertumbuhan diri, akan tetapi memahami keadaan mental dan emosional mungkin merupakan langkah pertama dalam mencapai tujuan pegembangan diri.

 

2. Topik Kehidupan sosial

Coaching pengembangan diri seringkali dapat membantu seseorang mengatasi masalah social yang mungkin ia miliki, dan yang paling umum kurang percaya diri untuk bertemu orang baru atau berteman. Seorang Coach kehidupan akan dapat membantu seseorang mengenali dan mengatasi kecemasan tertentu yang menghalangi seseorang untuk bergerak maju, termasuk kecemasan atas argument, mengatasi hubungan atau berurusan dengan kemarahan diri

 

3. Topik Keseimbangan kerja/ kehidupan

Banyak dari kita, menghabiskan lebih banyak waktu di tempat kerja daripada di rumah atau dengan orang-orang yang dikasihi. Jadi, jika Anda tidak merasa puas didalam pekerjaannya atau tidak menikmati pekerjaannya, maka Anda bertahan dalam tekanan , merasa diremehkan atau merasa seperti dirinya tidak mencapai potensi penuh. Semua ini dapat memiliki dampak yang negatif pada aspek kehidupan yang lain juga. Sama halnya, bahwa tidak mempertahankan aktivitas/rutinitas yang seimbang dapat memengaruhi hubungan, produktivitas, kebahagiaan, dan kesejahteraan seseorang.

 

4. Topik Hubungan dan kebahagiaan

Coach pengembangan diri dapat membantu seseorang mengatasi masalah hubungan dan membangun kepercayaan diri untuk menemukan kepuasan yang ingin diperoleh. Tidak masalah jika anda berada dalam suatu hubungan percintaan atau masih lajang – luangkan waktu sejenak untuk mempertimbangkan apakah Anda merasa bahagia. Mengenali keadaan kebahagiaan seseorang adalah langkah penting untuk memahami perbaikan apa yang bisa dilakukan dan membuat agar perubahan yang positif dapat segera direalisasikan.

 

5. Topik Manajemen keuangan

Uang adalah sumber dari banyak masalah dan salah satu penyebab utama rasa tertekan atau stres. Jika seseorang menemukan dirinya dalam jeratan hutang, maka hutang itu dapat membayangi setiap aspek kehidupannya, menggerogoti kepositifan seseorang dan kondisi kesehatannya secara keseluruhan.

Jika seseorang mengalami kekhawatiran keuangan, coach dapat membantu mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan keuangan seseorang, dan membimbingnya menuju pengelolaan uang yang lebih baik.  

 

# Topik Coach

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top