Home » Artikel » Konsep IKIGAI
IKIGAI

Konsep IKIGAI

IKIGAI adalah istilah jepang untuk menjelaskan kesenangan dan makna kehidupan. Saat ini banyak sekali generasi muda yang masih mengalami kebimbangan mengenai arah tujuan dan makna hidup yang mereka jalani. 

Tidak dapat dipungkiri pada era saat ini banyak sekali dari kita yang masih mencari kebahagiaan dalam hidup untuk menjadi lebih bermakna. Ada 4 pilar konsep IKIGAI disini akan membantu kamu untuk menyelami lebih dalam dimana posisi kita berada saat ini.

 

Passion atau Minat

Jika kamu mencintai sesuatu dan kamu bisa atau mahir dalam melakukan nya maka kamu telah menemukan passion kamu

 

Mission atau Misi

Kamu bisa mencapai misi kamu apabila kamu mencintai apa yang kamu kerjakan dan dunia atau lingkungan mu membutuhkanmu. Maka kamu telah menemukan Misi mu dalam hidup.

 

Vocation atau Pekerjaan

Jika kamu berada dalam posisi lingkungan membutuhkanmu dan kamu dibayar untuk itu, maka kamu berada di posisi kamu menemukan pekerjaan

 

Profession atau Profesi

Pada posisi ini kamu mahir dalam melakukan nya dan kamu dibayar untuk keahlian mu. Maka kamu berada di posisi Profesi

 

Kini, mari kita renungkan dimana posisi kita? 

 

Dalam sesi coaching konsep ikigai ini dapat digunakan sebagai tools atau alat yang dapat membantu coachee kita untuk menemukan dimana posisi coachee saat ini, hal apa lagi yang masih bisa digali melalui percakapan coaching untuk semakin mencerahkan apa yang membuat hidup kita jadi lebih bermakna.

 

Baca juga: Coaching untuk pengembangan diri

Scroll to Top