PT. LINKAR INDONESIA CENDEKIA
Jakarta, Indonesia.
Send Your Mail At
info@loop-indonesia.com
April 24, 2020 , Blog
Mengubah Manusia Melalui Coaching

Manusia pada dasarnya adalah makhluk sosial. Hal ini sudah merupakan sifat alamiah. Jika mungkin seseorang terlihat acuh tak acuh terhadap orang lain, namun pada saatnya dia juga pasti membutuhkan bantuan, perhatian maupun dukungan orang lain baik itu keluarga, sahabat atau rekan kerjanya. Hal ini yang menjadi landasan bagi para pimpinan melakukan coaching. Bahwa setiap orang itu unik dan membutuhkan orang lain. Dengan melakukan coaching, kita bisa hadir membawa manfaat baginya karena sebenarnya dia memang membutuhkannya, walau coachee tersebut mungkin belum menyadari sepenuhnya karena berbagai alasan entah itu ketidak pahamannya tentang definisi coaching atau mungkin ada peristiwa masa lalu yang membuat dia merasa tidak nyaman sehingga melakukan blocking (penolakan).

 

Hal ini juga yang menjadi sebuah tantangan bagi para pemimpin di organisasi. Para karyawan juga merupakan bagian dari generasi teknologi yang sangat mengandalkan teknologi untuk kelancaran pekerjaan dan aktivitas mereka. Kecenderungan para karyawan untuk mengabaikan lingkungan sekitar mereka juga cukup tinggi. Keterikatan sosial antar karyawan menjadi PR besar bagi Divisi SDM untuk membangun nilai kerjasama dan kolaborasi yang merupakan kompetensi inti (Core Competency) yang harus dimiliki oleh setiap karyawan. 

 

Saat ini beberapa organisasi semakin menyadari bahwa salah satu cara untuk mengembangkan organisasi adalah dengan mengembangkan karyawannya (Developing People). Beberapa Metode yang sudah sering dikerjakan adalah melalui Training, Mentoring, Konsultasi, Coaching dan juga Konseling. Dari kelima metode ini, menurut penulis Coaching merupakan salah satu metode yang  paling efektif untuk mendorong terciptanya perkembangan perusahaan yang cepat dan signifikan jika dapat dilakukan dengan konsisten, tepat sasaran dan teratur. Namun belum semua organisasi bisa menerapkan hal ini. Dan ini bisa menjadi sebuah contoh yang dapat memberi persepsi buruk tentang efektivitas dari Coaching di organisasi.


Seberapa besar manfaat dari coaching di organisasi kita? Jawabannya tergantung dari seberapa besar usaha, komitmen dan konsistensi dari Coach dan Coachee untuk melakukan rencana aksi yang disepakati bersama. Prinsip utama dari Coaching adalah kemitraan, saling percaya dan kerahasiaan. Untuk menjadi Coach yang berdampak, kita perlu menyadari bahwa setiap orang itu unik, berbeda, dan memiliki potensi luar biasa. Kita harus bisa terbuka untuk membangun hubungan yang berarti (meaningful relationship) dengan siapa saja terlebih dengan coachee. Untuk memulainya kita awali dengan menghargai, memberi perhatian tulus, menjaga harmonisasi, menghargai gaya belajar coachee, membawa coachee melihat dari sudut pandang berbeda, mengajak ekplorasi kemungkinan alternatif solusi dari permasalahan/ goal yang ingin dicapai coachee.

 

Menjadi seorang Coach adalah sebuah tugas yang menantang sekaligus membawa manfaat. Bagaimana tidak? Membuka diri untuk terbuka kepada coachee, siap ditolak coachee, menjaga fokus dan konsentrasi selama sesi, mempersiapkan diri secara fisik dan mental sebelum dan selama sesi berlangsung, semuanya merupakan hal yang sangat menantang dan membutuhkan usaha yang gigih. Namun lelah itu akan terbayarkan bahkan berlipat kali ganda ketika Coachee mengatakan bahwa dia telah berhasil mewujudkan goal dan menyelesaikan masalah yang dihadapinya. Hal inilah yang menjadi kebahagiaan Coach yang membuat Coach merasa bahwa kehadirannya di dunia membawa manfaat dan memberi makna. 

 

Dan sebagai penutup saya ingin sampaikan bahwa


Ketika melakukan coaching kita tidak hanya membantu mengatasi persoalan hidupnya, tapi mengubah hidupnya
When we do coaching, we do not only help to solve their life problems, but to change their lives

.Siap merasakan PERUBAHAN dalam HIDUP Anda? Bagi yang tertarik silahkan hubungi saya untuk merasakan pengalaman coaching dan mari melihat situasi Anda dari sudut pandang yang lebih luas dan dari titik yang berbeda.

# coaching di jakarta # coaching di indonesia # Loop institute of coaching

Latest Blog

Coaching Trend dan Profesi Life Coach
Seorang yang memilih profesi sebagai seorang Life Coach, biasanya memiliki wawasan yang luas terkait masalah-masalah dala...
Sertifikasi Profesional Coach di Loop Institute of Coaching - Loop Certified Professional Coach
Loop Certified Profesional Coach Program adalah program sertifikasi yang ditujukan kepada siapapun yang ingin menjadi prof...
Menemukan Potensi Melalui Coaching
Hidup di era digital seperti saat ini membuat kita menjadi orang yang beruntung. Mengapa demikian? Karena saat ini berbaga...