PT. LINKAR INDONESIA CENDEKIA
Jakarta, Indonesia.
Send Your Mail At
info@loop-indonesia.com
Juli 05, 2019 , Blog
Menyapa Diri

Hampir setiap saat ketika kita bertemu dengan orang lain yang kita kenal, kita menyapa dengan sepatah dua patah kata “selamat, pagi”, “apa kabar ?” Dan beberapa kata lain.


Seringkali ucapan tersebut diucapkan juga kepada orang lain yang tidak kita kenal untuk mengekspresikan beberapa hal : memohon perhatian, ingin berkenalan atau berbagi rasa dan lain sebagainya. Sebagai mahluk sosial yang selalu membutuhkan orang lain, maka setiap hari kita tidak pernah lepas dari kegiatan sapa menyapa terhadap pihak di luar kita : keluarga, tetangga,  kerabat dekat, teman sekerja, bahkan orang-orang yang belum kita kenal.


Kita sibuk berhubungan dengan orang lain. Namun, pernahkan terpikir oleh Anda untuk menyapa diri Anda  sendiri ? Sambil bercermin kita bertanya pada diri sendiri :


“ Hai ... diriku... apa kabar ?”

“Apakah saya bahagia ?”

“ Sejauh ini apa yang saya lakukan ?”

“ Apa rencanmu ?“ 

dan lain sebagainya.


Ketika Anda bercermin, apakah Anda tesenyum pada diri sendiri? Apakah Anda senang melihat diri Anda sendiri? Apakah Anda senang melihat  diri Anda sendiri seperti melihat orang lain? Atau seperti orang lain melihat Anda?.


Terkadang, karena kesibukan kita “menyongsong dunia”, kita asing dengan diri kita sendiri.

Maka ketika kita menyempatkan diri menyapa diri kita sendiri, kita berkesempatan untuk merefleksikan diri, “berdamai dengan diri sendiri”, dan yang lebih panting adalah berusaha membenahi diri seperti halnya ketika kita bercermin untuk memperbaiki penampilan fisik kita.


Dalam konteks  coaching, terutama pada awal proses, coach bisa memulainya  proses meminta coachee untuk  merefleksikan diri dengan menyapa diri sendiri dengan mengemukakan beberapa pertanyaan-pertanyaan di atas dan meminta coachee untuk merasakan hal tersebut.

Dengan melakukan proses pengenalan diri ini, diharapkan coachee bisa “sadar” akan dirinya, fokus dan “hadir” dalam proses coaching.

 

Selamat mencoba


Penulis Artikel 

Bayuparmadi
Freelance HR Consultant

Latest Blog

Coaching Untuk Membuat Keputusan Terbaik di Dalam Hidupmu
Setiap dari kita pasti menyukai adanya pilihan. Karena memiliki pilihan membuat hidup kita terasa bebas. Memiliki pilihan ...
Life Coach : Trend Kebutuhan di Jaman Now
Life coach sudah menjadi trend kebutuhan di jaman now. Bagaimana mungkin? Lagi-lagi pesatnya teknologi informasi menjadi p...
Menyapa Diri
Hampir setiap saat ketika kita bertemu dengan orang lain yang kita kenal, kita menyapa dengan sepatah dua patah kata “se...