PT. LINKAR INDONESIA CENDEKIA
Jakarta, Indonesia.
Send Your Mail At
info@loop-indonesia.com
Mei 20, 2019 , Blog
Internal VS External Coaching Program

Jika Anda seorang Manager atau Coordinator pelatihan di perusahaan Anda dan Anda baru saja mengikuti program pelatihan terkait Coaching lalu Anda merasakan manfaat yang sangat banyak dari program coaching tersebut, tentunya Anda ingin menjalankan program ini di perusahaan Anda.  Apakah yang akan Anda lakukan ? Apakah Anda akan menjalankan program Coaching Internal atau External? Hal ini pasti akan menjadi pertimbangan Anda dengan mempertimbangkan waktu, anggaran, kemampuan/kapabilitas internal coach  serta kebijakan perusahaan.


Atau, Anda mungkin mengikuti program pelatihan coaching karena anda sudah mengidentifikasi kebutuhan organsisasi anda terkait coaching. Anda mendapatkan umpan balik dari para Manager ditempat Anda terkait Development Need Analysis Analisa Kebutuhan Pengembangan dari para Leader (Manager dan supervisor) terkait coaching. Dengan mengikuti program external Anda berharap anda menjadi internal coach yang kredibel untuk menjalankan program ini di internal organisasi Anda. Anda mulai memikirkan Train The Trainer Program, melatih internal coach dan mulai koordinasi dalam pelaksanaan internal coaching. Anda mulai memikirkan berapa internal coach yang harus dibina, berapa kelas dan bagaimana memonitor coaching program dan mengukur evaluasi efektivitas training ini.


Namun ternyata, setelah Anda mengikuti training dan mendapatkan insight dari peserta lain. Anda juga mulai terpikir untuk melihat peluang untuk melibatkan professional external coach dalam program anda.


External coach – selain sudah terlatih juga memiliki beberapa sudut pandang lain dan pengalaman dari berbagai klien yang juga dapat memberi wawasan lain. Anda juga mulai melihat berapa jumlah orang yang akan menerima program coaching program, berapa anggaran yang diperlukan dan siapa external coach yang  sesuai dengan  kebutuhan Anda.


Jadi mana yang anda pilih, internal coach program atau extenal coach program? Mari kita analisa secara sejenak apa yang dapat kita pertimbangkan dalam memutuskan mana yang kita pilih.

External Coach

Kelebihan

    • Professional coach, sudah memiliki pengalaman yang banyak dalam coaching
    • Coaching method sudah tersertifikasi oleh lembaga pelatihan coaching atau asosiasi coach
    • Metode pelaporan dan monitor coaching program  juga sesuai standard
    • Wawasan external coach lebih luas karena mereka telah bertemu berbagai  klien
    • External coach memiliki tingkat expertise tertentu, misal ada coach khusus untuk Director level, Manager level  atau coach bagi semua level

Yang harus dipertimbangkan

    • Memerlukan anggaran tambahan yang lebih tinggi karena mereka adalah professional
    • Waktu coaching terbatas karena bergantung kepada budget yang dimiliki oleh perusahaan.


Internal Coach

Kelebihan

    • Internal Coach bisa dikembangkan dari para internal leader sehingga mereka memiliki akuntabilitas yang sejalan dengan jabatan mereka.
    •  Budget bisa dioptimalkan karena menggunakan sumber daya internal
    • Jumlah karyawan yang mendapat coaching, jangkauan nya lebih luas.

Yang harus dipertimbangkan

    • Perlu waktu untuk membangun kapabilitas internal coach.
    • Pengaturan waktu coaching perlu kedisipilan yang tinggi agar bisa dilakukan secara teratur.
    • Bisa timbul conflict of interest, jika coach adalah atasan langsung. Sehingga professionalitas coach perlu dipastikan agar tidak menggunakan waktu Coaching untuk melakukan Performance Review

Setelah membaca perbandingan di atas jadi mana yang akan Anda pilih External atau Internal Coach Program ?


Artikel Karya :



Teddy Mardjuki, LCPC | Professional Trainer



Latest Blog

Relationship Coach: Perlu ga sih?
Dengan perkembangan jaman yang begitu pesat manusia dituntut untuk lebih mandiri dalam mengatasi situasi dan kondisi serta...
Coaching: Key Partnership to Start, Grow and Accelerate Your Business
If you are Leading a Business, you should continuously ask yourself these questions
COACHING: PARTNERSHIP FOR BUSINESS OWNER
Banyak orang yang tidak berani mengambil resiko untuk memulai bisnis sendiri. Banyak diantara mereka yang ingin memulai bi...