PT. LINKAR INDONESIA CENDEKIA
Jakarta, Indonesia.
Send Your Mail At
info@loop-indonesia.com
April 25, 2019 , Blog
Coaching Dengan "AHA"

AHA : Merupakan sikap yang diperlihatkan coachee, dari raut muka, expresi, bahasa tubuh yang menunjukan bahwa coachee sangat senang, merasa telah berbuat suatu prestasi yang tidak diperkirakan. Coachee bangga bisa menemukan jawaban atas permasalahan yang di hadapi, dengan cara menganalisa, menjawab dan berpikir kreatif. 


Dalam pelaksanaan Coaching, bila seorang coach dan coachee mendapat respon ; "AHA" merupakan hal yang sangat menyenangkan. 

Membuat orang lain menemukan jawaban atas masalah yang dihadapi, mendapat pemecahan masalah membuat coach dan coachee merasa : senang, tertawa, kagum, kadang-kadang terharu dan bahkan bangga. 


"AHA" ini dapat terjadi dalam proses coaching di semua segi, baik untuk menyelesaikan pekerjaan, kehidupan pribadi, keluarga, kehidupan social dll. 

Bagi orang lain, pemecahan masalah coachee bisa saja merupakan hal yang sepele. Namun bagi coachee, hal itu merupakan langkah besar yang akan di lakukan dan menurutnya sangat membanggakan. 


Conteh sederhana: 


Coachee ingin mengurangi pemakaian bahan bakar dari 8% menjadi 6 %. Selama ini, coachee hanya berpikir sendiri, namun dengan pertanyaan yang diajukan yang bisa menstimulasi coachee, akhirnya caochee mendapatkan pemecahan "AHA", bahwa ia bisa meminta masukan dari anggota teamnya. 


Sebagai coach, mendengarkan adalah hal yang sangat memegang peranan, selain mengajukan pertanyaan yang memacu pemikiran yang kreatif cukup banyak memegang peranan. 


Pada dasarnya seorang coach, bisa membuat membuat coachee: 

  • Menentukan target
  • Memahami dukungan dan hambatan
  • Mencari alternative
  • Membuat strategi pemecahan masalah
  • Menetapkan tindakan yang akan di lakukan


Dari pengalaman, ternyata proses mendengarkan merupakan hal yang amat besar peranannya terhadap keberhasilan suatu proses coaching. Selain itu sikap coach yang cukup menunjang adalah sikap yang simpati, ramah, ikut menghayati kondisi coachee, bertanya, berbagi dan memberi semangat. 

Jadi dari proses coaching, penemuan "AHA" adalah yang amat diharapkan dan amat menyenangkan, baik coach maupun coachee.



( Pengalaman pribadi dan dari berbagai sumber) 


Artikel Karya :

Aida Gustina Rais, LCPC

VP HR - HO Jakarta | PT Japfa Comfeed Indonesia

Latest Blog

PERCEIVED RESOURCES COACHING UNTUK MENINGKATKAN BUSINESS CONTINUITY
Kesuksesan organisasi berdampak pada keberlanjutan bisnis (business continuity) suatu organisasi. Pada organisasi yang mey...
5 Alasan Coaching Dapat Meningkatkan Kualitas Hidup Anda
Hidup adalah sebuah perjalanan dan petualangan yang berliku, dan kita merupakan aktor utama di alur cerita kehidupan kita ...
The Power of Coaching: Unlock the Best Version of You @ Work
Di lingkup organisasi, sebagian karyawan meyakini bahwa diri mereka memiliki potensi yang dapat dikembangkan serta mampu m...