Home » Artikel » 4 Manfaat Coaching

4 Manfaat Coaching

Sebelum membahas mengenai manfaat coaching, mari kita pahami tentang definisi coaching. Coaching merupakan salah satu metode pengembangan sumber daya manusia, coaching dapat dilakukan pada Entrepreneur, pemilik usaha, perusahaan, profesional, sekolah, universitas, lembaga lembaga pendidikan non formal lain serta individu yang sedang bertransisi dalam memperbaiki, mengembangkan, mencari solusi, menciptakan, merencanakan sesuatu dalam kehidupan maupun pekerjaannya.

Definisi coaching sendiri adalah bentuk kemitraan bersama klien (Coachee) dengan proses yang memprovokasi pemikiran (menstimulasi dan mengeksplorasi pemikiran) dan proses kreatif yang menginspirasi mereka dalam memaksimalkan potensi pribadi dan profesional yang dimilikinya.

Berikut ini adalah beberapa manfaat coaching

  • Coaching dapat mengeluarkan potensi diri seseorang, Manfaat coaching yang pertama, Dalam proses coaching seorang coach akan membantu untuk memprovokasi pemikiran coachee (orang yang di coaching) sehingga coachee akan berfikir dan mendapatkan solusi atas permasalahan yang dimilikinya.
  • Coaching dapat membantu pengambilan keputusan, Saat coachee memiliki beberapa opsi pilihan keputusan dalam proses coaching, coach akan membawa coachee untuk berfikir melalui beberapa perspektif, dimana coachee akan berfikir pilihan mana yang paling cocok untuk permasalahan yang sedang dihadapinya
  • Coaching sebagai persiapan menghadapi masa mendatang, Coaching dapat membantu coachee untuk menentukan apa yang akan menjadi prioritas dan coancern dalam hidup mereka , sehingga nantinya coachee dapat mempersiapkan sesuatu untuk masa mendatang.
  • Perbaikandan peningkatan performa, kinerja maupun produktifitas, Coaching di perusahaan atau organisasi banyak dilakukan untuk peningkatan performa kerja, coaching       dapat membantu karyawan untuk menentukan metode kerja, menentukan target kerja, rencana kerja          dan lain lain

Yuk belajar coaching di Loop,cari tahu apa saja tahapan belajar coaching 
Tonton juga bagaimana caranya membangun budaya coaching di organisasi

Scroll to Top